5 Alasan Berhenti Memakai Facebook



5 Alasan Berhenti Memakai Facebook - WALAU masih menempati posisi teratas di jajaran jejaring sosial paling top, Facebook semakin banyak ditinggal para penggunanya.

Pengguna Facebook kini beralih ke jejaring sosial lain, terutama pesaing ketatnya, Twitter. Banyak pengamat tekno yang memprediksi nasib Facebook akan seperti Friendster.

Haruskan bertahan di Facebook atau lebih baik menonaktifkan akun saja?

1. Privasi

Urusan privasi menjadi masalah utama di Facebook. Semakin banyak saja peraturan yang membatasi sisi privasi para penggunanya. Sebut saja fitur Timeline yang mengungkap semua aktivitas pengguna di halaman utama, juga penggantian email tanpa sepengetahuan para pengguna yang membuat email pribadi masuk ke server Facebook.

2. Friend request, harus di-confirm atau di-ignore?

Tak sedikit orang yang mengkhususkan akun Facebook untuk teman dekat atau keluarga saja. Jika ada orang lain di luar dua kategori itu yang melayangkan permintaan pertemanan, maka dilema pun muncul. Jika di-confirm, maka akun Facebook pun tak lagi personal. Jika di-ignore, dapat memicu masalah pribadi.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat bahkan pernah mengamati permasalahan ini. Ditolak di Facebook membuat seseorang merasa sakit hati di dunia nyata.

3. Jarang digunakan

Sudah lama tidak membuka Facebook karena Anda lebih asyik nge-tweet? Jadi mengapa masih mempertahankan akun Facebook jika sudah tidak digunakan?

4. Fitur tag

Anda pernah di-tag di foto yang cukup memalukan dan akhirnya foto ini muncul di halaman profil dan news feed akun Anda? Photo tag menjadi salah satu fitur yang cukup mengganggu para pengguna Facebook. Tak hanya foto-foto memalukan, di-tag di foto produk milik akun online shop juga membuat banyak orang merasa risih.

5. Mengganggu hubungan personal

Anda lebih senang berinteraksi dengan sahabat lewat Facebook ketimbang bertatap muka langsung? Penggunaan jejaring sosial –termasuk Facebook- dapat mengurangi intensitas interaksi sosial secara personal. Kondisi ini membuktikan anggapan bahwa jejaring sosial mampu mendekatkan yang jauh, namun menjauhkan yang dekat.

0 Response to "5 Alasan Berhenti Memakai Facebook"

Posting Komentar