Ditemukan,Teknologi yang Dapat Membantu Orang Buta Berjalan Tanpa Tongkat


Sekarang ini, tak terasa bahwa kemajuan teknologi sudah merambah ke semua lini kehidupan. Banyak aktifitas atau pekerjaan manusia ditopang dengan teknologi. Seperti contohnya baru-baru ini telah diciptakan inovasi baru yang memungkinkan seorang yang mempunyai keterbatasan penglihatan atau buta dapat berjalan di dalam ruangan tanpa menggunakan tongkat.

Menurut Engadget.com, perusahaan asal Jepang bernama Fujitsu dan Japan NICT telah menciptakan alat sensor khusus untuk digunakan di dalam ruangan sebagai pengganti tongkat yang selama ini digunakan oleh orang buta dalam berjalan.

Sensor ini dikendalikan oleh sebuah PC dengan menggunakan sinyal radio. Setiap perangkat yang mengeluarkan sinyal atau sensor akan terhubung antara satu dengan lainnya dan langsung terhubung dengan PC kendali.

Perangkat yang menggunakan teknologi Ultra Wide Band (UWB) dan smartphone ini dapat menginformasikan kepada penggunanya secara real-time mengenai posisi, letak suatu benda, sampai medan yang akan dilalui penggunanya.

Memang, inovasi ini belum dirilis namun Fujitsu dan Japan NICT merancang alat mereka ini agar nantinya dapat diaplikasikan di rumah sakit atau tempat perbelanjaan lainnya. Rencananya, Fujitsu dan Japan NICT akan menguji coba inovasi mereka ini di Wireless Technology Park 2012, Pacifico Yokohama, pada tanggal 5 - 6 Juli mendatang.

0 Response to "Ditemukan,Teknologi yang Dapat Membantu Orang Buta Berjalan Tanpa Tongkat"

Poskan Komentar