Kuku dapat Menggambarkan Kondisi Tubuh

Kuku sehat bisa dilihat dari warnanya yang bening transparan dan kulit dibawah kuku yang berwarna kemerahan. Supaya kuku tetap sehat, kelembapannya harus dijaga.


Letkol Laut dr Eko Riyanto SpKK menyebut, penggunaan lotion sudah cukup untuk perawatan harian. "Bisa menggunakan hand lotion atau body lotion yang mengandung emollient. Fungsinya adalah menutrisi kulit dan kuku," kata Kasubdep Kulit-Kelamin RSAL dr Ramelan tersebut.

Kalau begitu, apa tanda - tanda kuku sakit? menurut spesialis kulit dan kelamin RSU Haji Surabaya dr Hasruliana Ningsih SpKK, kuku mewakili sesuatu yang terjadi pada jaringan dibawahnya. Ningsih-sapaan Hasruliana Ningsuh-menambahkan, secara umum kelainan pada kuku dibagi empat. Diantaranya, (1) melanoma atau kangker yang bisa menyerang kuku. Awalnya, itu ditandai dengan perubahan warna kuku menjadi hitam, kemudian menjadi rapuh dan hancur.

(2) Hipersensitif pada sabun cuci atau bahan lain juga mencetuskan kerusakan kuku. Dampaknya, kuku pecah - pecah sampai keluar nanah. (3) Selain itu, penyakit autoimun seperti psoriasis vulgaris, lupus, dan lichen planus. (4) Terakhir, genetik . "Ada yang bisa disebabkan penyakit, tetapi ada riwayat orang tua yang berkaitan dengan masalah kuku," ujarnya.

Spesialis penyakit dalam RS Royal Surabaya dr Ulfa Kholili SpPD menambahkan, penampakan visual pada kuku tangan dan kaki bisa menunjukkan penyakit dasar. "Melihat kuku menjadi bagian pemeriksaan kami, terutama pada pasien yang memiliki penyakit yang diderita sejak lama. Kuku bisa menjadi indikasi medis pendukung," jelas dokter yang juga berdinas di RSUD dr Soetomo tersebut. Dia mencontohkan, pada pasien penyakit liver atau sakit kuning, kuku ikut menguning. Nining memberikan contoh lain. Yakni, penderita diabetes melitus yang berpotensi terjangkit paronikia atau jamur kuku.

Serba - Serbi Kosmetik Kuku

Kuku yang sehat dan cantik tentu menunjang penampilan secara keseluruhan. Kalau selama ini sering menjajal body spa atau hair spa, coba pula treatment spa untuk kuku.
  • Nail hardener
  • Berfungsi untuk menguatkan agar kuku tidak mudah patah.
  • Base coat
  • Digunakan sebelum memulaskan nail polish (cat kuku). Meratakan dan menghaluskan permukaan kuku.
  • Growth booster
  • Membantu mempercepat pertumbuhan kuku. Pijat pada kuku dan kutikula setiap hari.
  • Peel off whitener
  • Pulaskan pada kuku dan didiamkan sekitar tiga menit, lalu dikelupas. Menjadikan warna kuku lebih putih.

0 Response to "Kuku dapat Menggambarkan Kondisi Tubuh"

Posting Komentar