Struktur Jembatan Paling Menakjubkan di Dunia

1. Hangzhou Bay


Jembatan ini diresmikan pada bulan Mei tahun 2008 setelah kurang lebih dikerjakan selama 9 tahun sebelumnya. Jembatan Hangzhou Bay memiliki enam jalur dalam dua arah dengan panjang 36 kilometer. Untuk membuat jembatan ini, pemerintah Cina mengeluarkan anggaran sebesar 11,8 miliar yuan (US$ 1720000000). Diperkirakan jembatan tersebut mampu bertahan selama kurun waktu 100 tahun. Angka yang cukup lama sesuai biaya mahal yang digelontorkan.

2. Bosphorus


Jembatan ini menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Marmara. Jembatan Bosphorus memiliki panjang 1,51 kilometer dan diresmikan pertama kali pada tahun 1973. Pemandangan pada malam hari sangat menakjubkan karena terdapat ribuan lampu LED yang menghiasi setiap sisi - sisinya.

3. Gateshead Millennium


Ingat bagaimana kita berbicara tentang imajinasi dan teknologi sehingga semua itu bisa digabungkan? Jembatan Gateshed Millenium merupakan bukti bahwa kedua anggapan diatas dapat diwujudkan. Jembatan ini mampu bergerak memutar setengah lingkaran ketika ada kapal yang akan melintas dibawahnya.

4. Millau Viaduct


Jika anda melintasi jembatan ini maka berhati - hatilah karena kendaraan anda berada pada ketinggian 271 meter diatas lembah. Apa keuntungan kita mengambil resiko melewati jembatan ini? Pertama, anda menghemat waktu kurang lebih 4 jam (100 km) perjalanan anda karena ini adalah jalan tembus. Kedua, jembatan ini juga membantu dalam mengurangi kemacetan lalu lintas di daerah tersebut.

5. Octavio Frias de Oliveira


Sao Paulo adalah kota kosmopolitan di Brazil yang memiliki perputaran ekonomi yang tinggi. Diatas sungai Pinheiros di kota itu, membentang sebuah jembatan dengan panjang 900 meter dan tinggi 138 meter. Jembatan yang mirip huruf X ini dinamai Octavio Frias de Oliveira.

6. St. Anthony Falls


Sebuah jembatan yang membawa lalu lintas keluar masuk ke Minneapolis ambruk pada 1 Agustus 2007. Hal tersebut membuat kekhawatiran publik bahwa hal serupa akan terulang lagi. Dalam beberapa jam setelah kejadian tersebut, para pejabat berjanji untuk membangun kembali jembatan dan mengembalikan kepercayaan publik dengan membuat jembatan yang mengutamakan fitur keamanan bagi penggunanya. Setahun kemudian akhirnya jadilah jembatan baru yang diberi nama jembatan St. Anthony Falls. Fitur jembatan tersebut antara lain, beton dan tulang baja seberat 6,8 juta kilogram yang dilapisi epoxy untuk memperkuatnya. Sekitar 323 sensor ditanam di jembatan yang akan terus memantau keadaan jembatan dan membantu menganalisis setiap bidang masalah. Para pejabat berusaha keras untuk memastikan bahwa bencana tidak akan pernah terjadi lagi.

7. DeNeveu Creek


Ketika membuat struktur bangunan jembatan, terdapat beberapa masalah yang mungkin akan terjadi di kemudian hari, seperti beton dan baja yang terkorosi oleh air atau udara. Para ilmuwan dari Universitas Wisconsin-Madison telah mengembangkan solusi lain untuk masalah ini, mereka melapisi baja dengan serat dan polimer yang berbahan dasar non logam sehingga membuat struksur bangunan mampu bertahan lebih lama.

8. Oresund


Jembatan Oresund menghubungkan Denmark dengan Swedia. Jembatan tersebut dapat dilintasi mobil dan kereta api (dek bawah untuk kereta api sementara dek atas untuk mobil). Uniknya, jembatan tersebut masuk dan berada tenggelam dibawah laut.

9. Akashi Kaikyo


Dengan sekitar 4.000 pulau kecil, jepang memiliki aktivitas gempa paling aktif. Jembatan Akashi Kaikyo disinyalir mampu bertahan meski gempa berkekuatan 7,2 skala richter mengguncangnya.

10. Chesapeake Bay


Jembatan sepanjang 27,4 km ini memiliki 5000 pilar penyangga dibawahnya. Mayoritas struktur jembatan adalah terowongan yang berada diatas air. Pada tahun 1965 karya ini memenangkan penghargaan dan ditetapkan sebagai 'Salah satu dari Tujuh Keajaiban Teknik Dunia Modern'.

0 Response to "Struktur Jembatan Paling Menakjubkan di Dunia"

Posting Komentar