Menikmati Seni Dan Budaya Sunda Di Kota Kembang

Masih pada betah nih kayaknya jalan-jalan di Bandung? Setelah kemarin menikmati Bandung dari atas kota, kali ini yuk kita wisata seni & budaya ke Kota Kembang ini. Berikut tempat-tempat yang recommended untuk kamu kunjungi.

1. Bale Seni Barli


Bale ini terletak di Kota Baru Parahyangan, Padalarang. Di BSB kamu tak hanya dimanjakan oleh karya-karya seni di galeri yang disediakan, tapi kamu juga bisa mengikuti workshop membuat batik celup ikat, melukis di media kaca, sampai dengan gerabah dan kanvas. Selain itu pengunjung juga bisa menyaksikan penampilan angklung interaktif dari para musisi angklung lokal.

2. Kampung Wisata dan Seni Manglayang


Berada di Kecamatan Cileunyi, kampung ini menyajikan pertunjukan seni yang berbeda setiap malam Minggu. Mulai dari Wayang Golek, Seni Benjang, Tari Ketuk Tilu, sampai ke pertunjukan modern seperti nyanyian pop Sunda. Selain itu di sini pengunjung juga bisa menikmati makanan khas Sunda seperti bengkerok, keripik singkong, peyeum, dan rangginang.

3. Taman Budaya Dago




Kalau yang satu ini namanya sudah cukup terkenal, terutama di kalangan remaja Bandung. Awalnya bernama Dago Tea House dan sempat menjadi tempat nongkrong remaja Bandung. Di dalamnya terdapat galeri seni, teater terbuka, dan juga workshop untuk kegiatan kreatif. FYI, venue ini sering digunakan sebagai tempat konser musisi luar negeri, lho.

4. Bumi Alit Kabuyutan


Bagi penggemar suasana tradisional pasti bakalan suka sama kampung ini. Gimana nggak, di dalamnya terdapat rumah adat Sunda yang sudah berusia cukup tua. Selain itu ada juga peninggalan leluhur Sunda masa lampau seperti pusaka kujang dan gamelan. Kampung Kabuyutan ini dapat kamu kunjungi di Desa Lebakwangi - Batu Karut Kecamatan Arjasasi.

5. Kampung Adat Cireundeu


Sebagian besar warga di sini mengonsumsi beras singkong sebagai makanan pokoknya. Sebagai kampung adat, warga Cireundeu masih teguh menjalankan nilai-nilai leluhur. Mayoritas warganya pun masih menganut Sunda Wiwitan. Mereka juga sangat sadar terhadap lingkungan, salah satunya dengan melakukan manajemen pemanfaatan lahan yang sistematik.

0 Response to "Menikmati Seni Dan Budaya Sunda Di Kota Kembang"

Posting Komentar