Status Anak Jika Lahir Diluar Nikah

Tulisan ini diambil dari sebuah koran lokal di kota Semarang dengan maksud untuk saling berbagi pengetahuan dan informasi, jika salah satu dari anda memiliki masalah yang sama dengan apa yang kami sampaikan pada artikel ini.


Pertanyaan:

HALO Tribun, saya ingin mengurus akta kelahiran anak tapi dokumen yang ada tidak komplit. Soalnya lahir sebelum kami menikah dan nama orang tua berbeda dari KTP sekarang. Sewaktu melahirkan memakai nama panggilan. Bagaimana solusinya? makasih. (085726121xxx)

Jawaban:

BERDASARKAN prosedur, pada umumnya status yang tercantum di akta kelahiran anak yang diketahui lahir lebih dulu sebelum orang tuanya menikah itu adalah anak dari ibu. Adapun nama ayah tidak tercantum.

Karena diketahui anak anda lahir sebelum menikah, persyaratan yang harus dilampirkan saat pengurusan akta kelahiran adalah sebagai berikut:

1. Surat lahir asli dari rumah sakit / puskesmas / bidan waktu anak anda dilahirkan.

2. Surat lahir asli dari kelurahan.

3. Foto copy kartu tanda penduduk (KTP).

4. Kartu keluarga (KK) ibu dari anak tersebut.

Untuk penjelasan lebih lanjut, sebaiknya anda datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang, Jalan Kanguru Raya. Disana bisa mendapat penjelasan lagi jika masih kurang mengerti tentang keterangan yang telah kami berikan ini. Demikian jawaban yang bisa kami utarakan, semoga bermanfaat.

Mardiyanto
Kepala Dispendukcapil
Kota Semarang

0 Response to "Status Anak Jika Lahir Diluar Nikah"

Posting Komentar